5 Wisata Unik dan dan Wajib dikunjungi ketika Berlibur ke Turki

Lokerbeasiswa.com – Turki bisa dikatakan merupakan sebuah kota yang menjadi Barometer bagi negara Islam lainnya. Negara yang didominasi dengan kekuatan Islam ini memang selalu memiliki daya tarik karena keunikannya. Posisi geografisnya yang berada di antara Eropa dan Asia mampu mengahasilkan jutaan perpaduan unik. Baik dari segi wisata, kuliner, sejarah, dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 wisata unik dan dan wajib dikunjungi ketika berlibur ke Turki

1. Masjid Sultan Ahmed (The Blue Mosque)

sumber: pexels.com
Dari namanya saja pasti kita mendapat gambaran tentang visual dari masjid ini. Ya, masjid super megah ini kini tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah. Hampir setiap orang yang mengunjungi Turki pasti ke sini, termasuk pelancong dari negara eropa lainnya (yang bahkan sekuler).
Masjid ini dibangun oleh Sultah Ahmed yang juga memiliki silsilah Ottoman. Warna biru adalah warna yang paling populer dan disukai di Turki, mungkin itulah yang menyebabkan bagian keramik lantai dan dinding dari Masjid ini didominasi warna biru.
Masjid yang berdiri di Kota Istanbul ini tentunya bebas dikunjungi siapa saja. Asalkan mereka sudah mematuhi ketentuan yang berlaku, seperti menutup aurat. Di dalam masjid, terdapat banyak sekali hal menakjubkan. Mulai dari desain kaligrafi, tulisan bersejarah, dan lain sebagainya. Itulah kenapa tempat ini menjadi destinasi wajib jika berkunjung ke Turki.

2. Istana Topkapi (Topkapi Palace)

sumber: expedia.com
Istana Topkapi ini dulunya merupakan sebuah bangunan megah yang dijadikan tempat tinggal para sultan yang berkuasa pada saat itu.  Tak mengherankan jika di dalamnya ditemui berbagai fasilitas dan pernak pernik mewah. Jadi bisa dikatakan, jika kalian ingin melihat bagaimana peninggalan kesultanan di Turki masa lalu, inilah destinasi yang paling tepat untuk dikunjungi.
Penamaan Topkapi ini berasal dari bahasa istilah ‘Top’ yang berarti Meriam, dan ‘Kapi’ yang berarti gerbang. Salah satu halamannya memang digunakan untuk merancang meriam dan juga memang pernah ada meriam raksasa untuk pertahanan istana.
Terdapat tiga gerbang yang harus dilewati untuk memasuki beranda utama. Di perjalan menelusuri tempat ini kamu akan menemukan beragam bangunan dan ruangan unik. Seperti dapur sultan yang seluas pabrik, rumah sakit, perpustakaan raksasa, persenjataan para nabi, serta barang rampasan perang.

3. Museum Hagia Sophia

sumber: goabroad.com
Hagia Sophia adalah salah satu bangunan tertua di Turki yang memiliki sejarah yang sangat panjang. Museum inilah yang mengabadikan rangkaian itu dan menjadi saksi bisu tentang para penguasa di masa lalu. Konstantinopel… nama itu mungkin sudah tidak asing. Kota Konstantinopel adalah kota termegah dan paling diincar untuk dikuasai oleh seluruh bangsa di dunia.
Pada masa itu berdiri sebuah gereja yang sangat megah (sekarang Hagia Sophia). Di dalamnya terdapat banyak sekali lukisan Yesus dan Bunda Maria. Namun, setelah Sultan Alfatih berhasil menaklukan Konstantinopel, maka segala hal yang berbau kristiani perlahan dihilangkan. Gereja itu kemudian diubah menjadi masjid. Lukisan-lukisan diganti dengan kaligrafi, simbol salib dihilangkan, dan patung-patung disingkirkan.
Selama ratusan tahun berkuasa, kesultanan di Turki pada akhirnya bergeser menjadi republik dan bahkan menuju sekuler. Pada tahun 1931 masjid ini ditutup dan dibuka lagi menjadi sebuah museum bernama Hagia Sophia. Sejak diubahnya ia menjadi musium, dinding bertuliskan kaligrafi mulai dirombak, sehingga tampaklah lukisan-lukisan lama Yesus dan Maria, serta lukisan para raja sebelumnya. Museum ini sangat wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin wisata sekaligus bisa merasakan nuansa Islam dan Kristen dalam satu atap.

4. Ephesus Museum Stadion

Jika Italia memiliki Pisa dan Colloseum, maka Turki memiliki bangunan yang bisa dibilang sebelas dua belas dengan Colloseumnya. Tempat ini bernama Ephesus Museum, yang dulunya merupakan stadion yang cukup luas. Tempat ini digunakan untuk sebuah turnamen masyaratkat, terutama olahraga pacuan kuda. Namun, kini bangunan ini tampak berbeda karena mengalami kerusakan yang cukup parah akibat perang dan kemarahan alam. Bisa dibilang tinggal puing-puing pada beberapa sudutnya yang tersisa
Beberapa puing batu juga masih memiliki tulisan yang terpahat dengan jelas di sisi-sisinya. Di bagian lain dari museum ini,  juga masih terdapat banyak sekali patung-patung yang merupakan peninggalan Bizantium dan Roma. So, jika kamu tertarik untuk mengunjungi sesuatu yang lain daripada yang lain. Maka Ephesus ini bisa dikatakan wisata yang wajib bila kamu mengunjungi Turki.

5. Kastil Kapas Pamukalle

Wisata yang wajib dikunjungi saat ke Turki bukan hanya yang berbau gedung, stadiun, atau museum saja. Terdapat pula limpahan kekayaan alam yang diwasiatkan pada tanah bekas Konstantinopel ini. Tak heran, banyak negara dari segala penjuru yang berusaha merebut tanah Turki di masa lalu.
Seperti namanya, Kastil kapas. Tempat ini memang didominasi warna putih seperti kapas. Di dalamnya terdapat mata air panas yang mengandung mineral dari gunung. Itulah kenapa banyak sekali dari para pelancong yang menjadikan tempat ini sebagai sauna untuk rehat dan menerapi tubuh yang lelah.Sebenarnya masih banyak sekali spot lain yang juga tak kalah menarik di negara mayoritas muslim ini. Namun, 5 tempat di atas merupakan destinasi terbaik dan menjadi wisata yang wajib dikunjungi di Turki. So? Tunggu apa lagi? Jangan lupa nabung. Hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *