6 Tips Hemat Anak Kos, Bertahan Hingga Akhir Bulan

sumber: pexels

Menjadi perantau alias anak kos memang bukanlah perkara yang mudah. Kita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal secara mandiri. Mulai dari manajemen waktu, ngatur keuangan, gaya hidup, dan sebagainya. Sangat jauh berbeda bila dibandingkan ketika masih bersama orangtua. Salah satu hal yang kerap menjadi beban bagi anak kos adalah sulitnya mengatur keuangan. Pada awal bulan atau saat baru mendapat kiriman orangtua, makanan dan gaya hidup kita terkadang terkesan mewah. Namun, tidak sedikit anak kos yang ‘melarat’ dan hanya makan mie instan di akhir bulan. Nah kali ini MinLobs akan memberikan beberapa tips hemat anak kos yang bisa Sobat Lobs terapkan.

1.     Cari kos yang standar dan strategis

Mencari tempat tinggal atau kosan yang sesuai memang tidaklah mudah. Meski demikian, ada banyak cara untuk mendapatkan lokasi yang pas. Bisa melalui rekomendasi kenalan, mencari info di internet, hingga menelusuri langsung daerah sekitar kampus atau kantor. Penting untuk memilih kos sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga fasilitas di dalamnya memadai. Mulai dari kamar mandi, tempat menjemur pakaian, wifi, dan hal standar lainnya—hal-hal yang berbasis keinginan dan hiburan seperti AC, televisi, bisa menjadi tambahan. Usahakan jarak dari kos ke toserba dan warung makan juga terjangkau sehingga kamu cukup berjalan kaki, tanpa naik kendaaraan pribadi.

2.     Jangan Malas Memasak

Bukan rahasia lagi kalau memasak dan menyiapkan sendiri makanan akan menghemat pengeluran. Makanan mentah seperti beras, telur, tahu, tempe, rempah, dan bumbu lainnya tentu dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang sudah jadi. Selain itu, memasak sendiri juga menjamin makanan lebih sehat dan higienis. Bila Sobat Lobs membiasakan kegiatan ini, lama kelamaan masakan Sobat Lobs akan semakin lezat dan tak sadar kalau uang yang disisihkan untuk makan jauh lebih sedikit dari biasanya.

3.     Membuat List Belanja dan Manajemen Keuangan

Bila baru mendapatkan gaji atau kiriman dari orangtua, sebaiknya Lobs jangan langsung tergiur untuk ngafe-ngafe mewah di pusat kota. Namun, buatlah list-list keperluan apa saja yang sekiranya dibutuhkan dalam satu bulan. Misalnya, dalam satu bulan Lobs menghabiskan 5kg beras, 2 kg telur, 3 bungkus camilan, dsb. Intinya semua harus tercatat dan terukur. Dengan begitu Sobat Lobs tidak akan bingung dan bertanya-tanya ‘kok tiba-tiba uangnya habis’. Dengan manajemen keuangan yang baik, Lobs bisa memangkas hal-hal yang tidak perlu seperti shopping hanya karena lapar mata. Dengan begitu Sobat Lobs bisa menabung atau mengeinvestasikan sisa uang yang tidak terpakai.

4.     Mencuci Pakaian Sendiri

Mungkin ini terdengar sepele, tapi percayalah bahwa jasa laundry cukup menguras dompet. Bila Lobs bisa mengalahkan rasa malas mencuci, tentu bisa menghemat banyak uang sehingga tidak keteteran di akhir bulan. Agar pekerjaan tidak terlalu berat, cucilah pakaian secara berkala, misalnya 2 hari sekali. Dengan demikian, cucian tidak akan menumpuk yang justru membuat jemu dalam mencuci. Hal yang sama juga berlaku pada aktivitas menyetrika pakaian ya.

5.     Nebeng Teman atau Berjalan Kaki

Bila Sobat Lobs tidak memiliki kendaraan pribadi, tentu akan sangat boros sekali jika terus-terusan naik kendaraan umum, apalagi ojek online. Oleh karena itu, bila memiliki teman kuliah atau rekan kerja yang mempunyai kendaraan—tak ada salahnya meminta tebengan. Meski demikian, sesekali berikanlah ia uang bensin atau sekadar camilan sebagai tanda terima kasih. Hal ini tidak hanya lebih murah, tetapi juga bisa mengeratkan hubungan Lobs dengan teman.

6.     Membawa Bekal dan Uang Pas Saat Keluar

Membawa bekal, baik berupa nasi ataupun air minum sudah semakin umum di kalangan masyarakat. Dengan membawa bekal, Sobat Lobs tidak perlu lagi merogoh kocek untuk pergi ke restaurant atau warung makan. Selain itu Lobs juga tidak perlu khawatir dehidrasi karena selalu sedia botol air di dalam tas. Untuk menahan hasrat belanja pada hal yang tidak perlu, Sobat Lobs juga bisa membawa uang secukupnya saja. Konon membawa uang kas terlalu banyak membuat kita menjadi boros.

Nah itu dia beberapa tips hemat anak kos yang bisa Sobat Lobs terapkan. Awalnya hal ini mungkin sulit dilakukan, namun jika terus dicoba dan diterapkan setiap hari, maka ia akan jadi kebiasaan. Selamat mencoba, Lobs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *