Alasan Mengapa Harus Kuliah Keluar Negeri

Lokerbeasiswa.com – Kuliah ke luar negeri merupakan salah satu impian yang perlu effort tinggi untuk bisa digapai. Kalau cuman modal angan-angan, hmm… jangan harap bisa lulus deh. Bisa dibilang kuliah di luar negeri itu punya banyak keuntungan. Mulai dari kemampuan berbahasa asing (ya iyalah ya), relasi dari berbagai penjuru bumi, skill internasional, dan masih banyak lagi.  Sisanya semoga kamu bisa rasakan sendiri ya!

By the way, perusahaan besar seperti Gojek, Amartha, Cermati, dan banyak perusahaan raksasa lainnya juga dirintis oleh mereka yang kuliah di luar, loh! Gimana? Semakin ngiler nggak sih? Kalau kamu semakin penasaran kenapa harus kuliah ke luar negeri, kamu bisa simak poin-poin berikut ini:

  • Kuliah Ke Luar Negeri untuk Melatih Kemandirian

Merantau sejatinya memang bertujuan untuk melatihmu agar bisa dan terbiasa dalam memanajemen kehidupanmu sendiri. Saat masih SMA, kamu mungkin masih tinggal serumah dengan orangtua. Ketika lapar-haus-dahaga tinggal pulang, ambil makan minum, beres. Butuh ini butuh itu, bakal segera diusahakan! Namun, ketika kamu merantau ke luar negeri, jangan harap kamu bisa hidup dengan mentalitas kerupuk.

Jika kuliah di luar negeri, otomatis bahasa yang digunakan pun akan berbeda dengan tempat asalmu. Misalkan ketika kamu lapar dan hendak membeli makan saat kuliah di Jepang. Mustahil dong kamu berkomunikasi dengan orang Jepang dengan Bahasa Indonesia? So, mau nggak mau kamu pun berbicara dalam Bahasa Jepang dan lama-lama kamu akan terbiasa dengan kemandirian itu.

  • Lulusan Luar Negeri Memiliki Kesempatan Karir yang Lebih Besar

Hal yang menjadi first impression para interviewer kerja adalah CV-mu. Dalam CV pasti terdapat riwayat pendidikan. Apabila sang interviewer mendapati almamatermu adalah Universitas Harvard tentu itu akan lebih diperhitungkan daripada lulusan dalam negeri. Eits, ini bukan berarti merendahkan universitas di Indonesia ya. Level perguruan tinggi di Indonesia masih cukup tinggi kok, jadi kamu juga harus pilih-pilih, kalau bisa kuliah luar negeri, pilihlah yang levelnya setara atau lebih tinggi dari universitas dalam negeri.

  • Kuliah di Luar Negeri Mampu Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi

Saat kembali ke Indonesia, kamu bak sudah menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini tampak terutama dari cara berkomunikasi, tingkat kepercayaan diri, dan bagaiamana menghadapi suatu keadaan. Selain itu, pola pikirimu juga akan mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga hal yang dulu kamu anggap suatu masalah besar justru sangat mudah dan sederhana untuk diatasi.

Proses hingga kamu menjadi seperti itu tidak terjadi secara instan. Ini dikarenakan kamu ‘dipaksa’ mempraktikannya dalam kegiatan sehari-hari. Entah saat kuliah, membeli makanan, atau pun berinteraksi dengan masyarakat setempat. Mungkin istilah yang tepat untuk orang yang kuliah ke luar negeri adalah, “Dipaksa, terpaksa, terbiasa, bisa, luar biasa!”

  • Mendapatkan Teman dari Berbagai Penjuru Dunia

Saat berkuliah ke luar negeri, tentu kamu akan menumkukan banyak teman yang terdiri dari bagai macam suku bangsa, ras, dan agama. Hal ini akan membuka wawasanmu tentang luasnya dunia dan indahnya keberagaman. Orang-orang di luar sana juga akan tertarik untuk mengetahui tentang latar belakangmu. Oleh karena itu, kamu juga harus mengenal budaya sendiri sebelum mengenalkannya pada orang lain. Kuncinya selalui berpikiran terbuka dan respect terhadap setiap perbedaan yang ada.

  • Bisa Travelling ke Berbagai Tempat Unik di Negara Tempat Kuliah

Saat kuliah ke luar negeri, kamu sudah bebas untuk menentukan kehidupanmu sendiri. Termasuk bagaimana kamu memanjemen uang agar bisa jalan-jalan. Kapan lagi bisa jalan-jalan ke negeri asing? Menyusuri setiap sudut kota, pedesaan, dan orang-orang setempat akan menciptakan kepuasaan tersendiri. Jika kamu adalah seorang pelajar yang mendapat beasiswa, tak ada salahnya menabung uang belanja untuk persiapan refreshing, hehe. Misalnya ketika kamu kuliah di Austria, otomatis untuk singgah di negara-negara lain di Eropa akan lebih mudah dan murah–jika dibandingkan harus berangkat dari Indonesia. Selain itu kamu bisa mengajak teman-teman asing untuk menelusuri dunia.

So, bagaiamana teman? Apakah kamu sudah tertarik untuk menjadi pelajar Indonesia di luar negeri? Ataukah kamu masih ragu, takut mencoba, dan merasa kemampuan di bawah rata-rata? Tenang saja, perjalanan masih panjang… Untuk saat ini percayalah bahwa kamu bisa menggapai setiap impian yang sudah kamu tetapkan, tetap semangat dan mari berjuang bersama!

Sumber:

Gambar dari pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *