Coba Cara Ini untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

sumber: pexels.com

Setiap orang berhak mendapatkan akses pendidikan setinggi-tingginya. Namun, terkadang banyak orang yang terpaksa berhenti karena keterbatasan ekonomi. Meski demikian, saat ini banyak sekali penawaran beasiswa kuliah gratis yang bisa kamu manfaatkan demi meraih cita-cita yang kamu dambakan. Penawaran tersebut bisa berasal dari lembaga pemerintahan, kampus, perusahaan, sumbangan individu dan lain sebagainya. Hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah mencari dan menggali informasi tentangnya—sebelum akhirnya apply dan menerima manfaat dari beasiswa tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang bisa kamu terapkan.

Pantang Mundur Mencari Informasi Beasiswa

Di era sekarang ini akses informasi sangat membludak dari berbagai media. Oleh karenanya keputusan ada di tangan kita. Apakah akses informasi yang mudah ini kita manfaatkan pada hal positif (dalam hal ini mencari info beasiswa) atau sebaliknya hal negatif seperti scroll sosial media yang enggak ada habisnya. Jika kamu memilih yang pertama, maka sudah saatnya kamu membatasi hal-hal yang tidak bermanfaat dan tidak relevan dengan masa depanmu. Selain itu, jika kamu membaca artikel ini, artinya kamu memang membutuhkan informasi tentang beasiswa, kan?

Pertama, jangan jauh-jauh dulu deh. Coba cek ke bagian biro akademik di kampusmu. Pasti ada info mengenai beasiswa—entah itu melalui bidang akademik ataupun non-akademik—jalur prestasi atau jalur bidikmisi dan sebagainya. Pun jika beasiswa dari internal kampus tidak ada, kamu bisa cari di internet. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak portal media yang membahas tentang ini, seperti infobeasiswa.org, infobeasiswa.net, bursabeasiswa.com, campuspedia.id, dan lain sebagainya. Intinya, kalau kamu berusaha lebih keras, kamu pasti akan mendapatkan akses beasiswa yang jumlahnya sangat banyak. Kalau masih sulit lepas dari media sosial, coba deh follow akun sosmed yang positive vibes dan menyediakan informasi seputar beasiswa.

Menjadi Mahasiwa Berprestasi

Tidak semua orang punya privilege hingga bisa duduk di bangku perkuliahan. Pun tidak semua yang kuliah pasti sukses. Namun, percayalah bahwa kuliah bisa membuat peluang menuju kesuksesan jadi lebih besar. Jika terkendala biaya, seseorang harus berusaha lebih keras dibanding yang lain. Usaha dan kerja keras yang dapat dilakukan adalah dengan belajar segiat mungkin, aktif di kelas, mendapat nilai yang bagus, hingga mengikuti lomba-lomba terkait. Dengan menjadi mahasiswa aktif, kemungkinan untuk dilirik pemberi beasiswa akan lebih besar. Misalnya di kampus Universitas Muhammadiyah Malang, ada istilah “Tiada hari tanpa prestasi, tiada prestasi yang tak dihargai.” Istilah tersebut tentu sedikit banyak memicu para mahasiswa untuk berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Sehingga kelak ia akan bisa membanggakan orangtua, kampus, pemberi bahasiswa dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Memenuhi Persyaratan Beasiswa

Untuk mendapatkan suatu beasiswa. Hal paling penting untuk diperhatikan adalah persyaratannya. Dengan memastikan persayaratan terpenuhi lembaga yang menyediakan beasiswa. Maka waktumu tidak akan terbuang percuma. Misalnya kamu melihat minimal usia pelamar, jenis kelamin, domisili, dan lain sebagainya. Pastikan kamu sudah sesuai dan termasuk kriteria dari lembaga yang menyediakan beasiswa tersebut. Selanjutnya kamu bisa mengumpulkan dokumen penunjang seperti ijazah, sertifikat, piagam, portofolio, dan lain sebagainya.

Mengasah Skill Bahasa Inggris

Di era globalisasi sekarang ini, perputaran informasi sangat cepat. Salah satu skill yang dibutuhkan dalam menghadapi globalisasi adalah menguasai bahasi Inggris. Menguasai Bahasa Inggris tentu menjadi nilai lebih dibanding yang lainnya. Selain itu akses beasiswa yang kamu dapatkan tidak terbatas hanya di Indonesia saja. Namun kamu juga bisa mengakses info beasiswa dari berbagai negara, seperti Amerika, United Kingdom, Australia, Kanada, dan lain sebagainya. Terlebih jika kamu terbukti mumpuni dengan memiliki skor TOEFL atau IELTS yang tinggi tentu menjadikan kamu berada satu level di atas pelamar lainnya.

Memilih Kampus Ikatan Dinas atau Universitas Top

Percaya enggak kalau ada kampus yang kuliahnya 100% gratis bahkan dijamin pekerjaannya setelah lulus? Ya, itulah ikatan dinas yang bernaung di bawah pemerintah. Untuk bisa tembus ke kampus-kampus ini, tes masuknya sangat ketat. Jumlah yang dinyatakan lulus jauh lebih sedikit dibanding yang lulus. Oleh karena itu, kamu harus belajar keras jauh hari sebelum tes. Terdapat banyak kampus yang berlabel ikatan dinas, beberapa di antaranya adalah STAN, STIS, dan IPDN. Tidak hanya ikatan dinas, beberapa kampus top juga menyediakan beasiswa penuh terhadap mahasiswa yang memenuhi kriteria tertentu.

Nah itu dia, Sobat lima hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa. Pada dasarnya mendapatkan beasiswa bukanlah perihal yang mudah. Diperlukan perjuangan dan usaha yang maksimal sehingga bisa bersaing dengan pelamar lainnya. Semoga beruntung ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *