Sumber: Youtube.com/MaudyAyunda

Rasanya baru kemarin kita mendengar kegalauan Maudy Ayunda saat bingung memilih dua kampus top global, Harvard atau Stanford. Kini aktris cantik itu kembali menjadi sorotan setelah menyelesaikan gelar masternya di Stanford University, Amerika Serikat. Meskipun sudah terkenal lewat lagu-lagunya, acting yang memukau, dan karya-karyanya yang lain. Ia tidak serta merta puas dalam menimba ilmu dan menjadi inspirasi bagi anak muda Indonesia.
Selain lewat sorotan media, Maudy juga kerap membagikan cerita inspiratif, tips belajar, atau quotes of the day lewat akun sosial media Instagram dan Twitter-nya. Baru-baru ini juga ia mengunggah sebuah video di Kanal Youtube-nya yang berjudul My Stanford Graduation – What I Learned. Video itu dibuka dengan B-roll kegiatan Maudy sebelum memulai aktivitasnya.

Dua tahun telah berlalu sejak Maudy Ayunda memutuskan Stanford sebagai tempat melanjutkan pendidikannya. Ia pun membagikan pengalaman dan pelajaran hidup yang didapatkan. Pertama, pemeran Kugy di Film Perahu Kertas ini harus belajar beradaptasi dengan kondisi pandemi. Perkuliahan yang didominasi lewat online memaksanya mengubah cara belajar dan menerima keadaan.
Kedua, belajar untuk menghargai alam bebas. Selama di Amerika, Maudy semakin mencintai alam, mengeksplorasi hal-hal baru, dan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas. Terlebih lagi, Stanford juga menyediakan banyak fasilitas, serta tempat outdoor untuk berolahraga dan bersantai. “Jadi salah satu yang aku suka banget di sini adalah banyaknya tempat outdoor di mana aku bisa lari, bisa jalan, dan pokoknya aku bisa aktif… just in my wayout spending quality time with myself.

Sumber: Youtube.com/MaudyAyunda

Ketiga, Maudy belajar mencari inspirasi dari orang lain. Stanford sebagai kampus top dunia tentu dihuni oleh orang-orang terpilih dari berbagai penjuru. Berasal dari lapisan masyarakat, kultur, ras, suku, dan agama yang berbeda-beda. Hal ini tentu melahirkan banyak pemikiran, inspirasi, dan perspektif yang berbeda. Hal ini pula yang mendorongnya untuk melakukan perubahan. Seperti quotes Standford, Changes Lives – Change Organization – Change The World.
Terakhir, ia belajar bahwa hidup lebih dari hal-hal yang besar seperti meraih suatu milestone atau pencapaian tertentu. Namun sesederhana bagaimana kita bersyukur tentang udara yang kita hirup, tidak menyesali langkah yang kita ambil, serta tak pernah bosan berbagi tawa dengan orang-orang terdekat.

“Ada banyak banget di pendidikan yang tetep harus kita kerjain dan tetap kita kembangkan untuk Indonesia. Aku merasa bahwa Pendidikan adalah sebuah area dimana aku ingin membawa perubahan. Karena itu aku memilih untuk mendalaminya secara akademis.” – Maudy Ayunda

Sumber: Youtube.com/MaudyAyunda

Di akhir video, Maudy berpesan kepada orang-orang bahwa yang paling mengetahui diri kita ya diri kita sendiri. Jadi tidak perlu terlalu peduli pada apa pun yang dikatakan orang, you do you. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan, go for it. Kita harus mau berjuang untuk keyakinan diri kita sendiri.
Nah, itu dia beberapa pelajaran hidup yang Maudy jabarkan lewat video berdurasi 13 menit itu. Mimin berharap teman-teman semua memiliki tekad juang seperti Maudy. Tidak peduli setinggi apapun ia, sepopuler dan seluar biasa apapun karier yang telah ditempuhnya. Ia masih tetap belum puas dan memutuskan melanjutkan pendidikan master. Berharap bisa memberikan kontribusi, demi perbaikan dan pengembangan Pendidikan Indonesia. And she did it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *